AHH Wawancara Kerja, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

AHH Wawancara Kerja, Apa Saja yang Harus Dilakukan?


Wawancara adalah salah satu langkah yang akan Anda ikuti ketika Anda sedang mencari pekerjaan.


Proses wawancara bisa sangat menegangkan, terutama bagi lulusan baru. Banyak hal yang harus diingat agar wawancara kerja berhasil dan bebas masalah.

Pertanyaan wawancara seringkali tidak dapat diprediksi dan rumit.

 

Bagaimana melakukan wawancara yang baik untuk diterima


Oleh karena itu, para kandidat harus mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja agar dapat diterima. Menurut Ekrut.com, inilah cara wawancara yang baik untuk diterima:

 

  • 1.    Ketahui perusahaan dan posisi yang Anda cari

Tips wawancara kerja yang baik agar diterima yang pertama adalah mengetahui jenis perusahaan apa yang Anda cari.


Pelamar harus memahami konteks dan latar belakang perusahaan yang mereka lamar.


Caranya adalah dengan melakukan riset sebelum tanggal wawancara. Kenali perusahaan dan profil perusahaan dari situs web mereka. Bagian yang diposting dapat mencari pekerjaan di mana pencari kerja telah menemukan peluang.


Baca Juga : Mengapa Startup Sering Sekali Gonta Ganti Pemimpin? Ini dia Alasannya

 

Seringkali, situs portal kerja menyertakan deskripsi singkat tentang perusahaan dan persyaratan untuk posisi tersebut. Saat wawancara kerja, pewawancara sering menanyakan apa yang pewawancara ketahui tentang perusahaan. Jadi pastikan Anda “mengetahui” perusahaan yang Anda lamar sebelum menuju tahap wawancara.

 

  • 2.    Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan ini sering muncul saat wawancara. Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan membicarakan sekolah Anda, jurusan Anda, pengalaman Anda, minat Anda, dan hal-hal lain yang akan mengarahkan percakapan Anda pada pekerjaan.


Jangan menyebutkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, misalnya nama orang tua, pekerjaan orang tua, nama pacar, dan lain-lain.


  1. 3.    Gunakan ucapan dan bahasa tubuh yang baik

Teknik wawancara kerja selanjutnya yang sebaiknya Anda terapkan adalah dengan memperhatikan gaya bicara Anda.


Gaya bicara, pilihan kata, dan bahasa tubuh seringkali diabaikan oleh kandidat saat wawancara kerja.


Padahal, hal-hal tersebut dapat menjelaskan keterampilan seseorang yang akan menduduki posisi tersebut dan berkomunikasi dengan rekan-rekannya.


Hindari menggunakan bahasa yang buruk dan menggunakan suara bernada tinggi saat merespons.


Siapkan juga jenis bahasa ini sebagai bahan wawancara. Sebagian besar perusahaan memiliki budaya yang baik.


Sebaliknya, permulaan biasanya sangat nyaman. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan isyarat yang berkonotasi negatif seperti menunjuk, menyilangkan kaki, atau menyilangkan tangan di depan dada saat wawancara kerja.


  1. 4.    Bersikaplah tenang dan rileks

Teknik wawancara kerja yang baik agar bisa diterima nantinya adalah dengan tidak panik.


Jika Anda gugup karena ini adalah wawancara pertama Anda atau karena Anda sangat menantikan pekerjaan itu, cobalah untuk lebih rileks dan tenang.


Anda bisa menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan jantung yang berdebar kencang dan menenangkan tubuh.


Selain itu, amati juga apakah tangan Anda berkeringat atau tidak. Jika Anda berkeringat karena gugup, usahakan untuk selalu mengeringkannya sebelum berjabat tangan.


Berhati-hatilah juga saat menjabat tangan pewawancara, lakukan dengan percaya diri, agar mereka bisa menggali ide-ide positif.


  1. 5.    Belajarlah menjawab pertanyaan wawancara sendiri

Lima cara agar diterima wawancara kerja yang baik adalah dengan berlatih. Latihan tidak membuat jawaban Anda sempurna saat wawancara.


Tapi itu akan membantu menciptakan ide yang bagus. Anda dapat menemukan pertanyaan wawancara yang sering diajukan. Setelah itu, cerminkan tanggapan Anda.


Dengan cara ini, Anda bisa melihat dan mempersiapkan ekspresi wajah yang tepat untuk ditunjukkan saat Anda berbicara dengan pewawancara nanti.


Anda dapat menciptakan kesan yang lebih baik bahwa pewawancara tidak akan salah memahami perkataan Anda.


  1. 6.    Tepat waktu

Cara yang baik untuk mempersiapkan wawancara kerja adalah dengan terlambat.


Saat akan menghadiri sesi wawancara, usahakan datang pagi hari, sekitar 15 menit sebelum waktu yang dijadwalkan.


Dengan datang lebih awal di pagi hari, Anda mencoba untuk mengikuti jadwal tertentu.


Sebaliknya, jika Anda tidur terlalu lama, justru akan terlihat buruk di mata majikan.


Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda menemukan tempat wawancara, disarankan untuk mengunjungi tempat tersebut beberapa hari sebelum wawancara untuk mengetahui lokasi pastinya, sehingga Anda dapat memperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat tersebut. Di Sini.


  1. 7.    Bersikap tegas dan aktif pada saat sesi wawancara

Terkadang Anda mungkin ragu untuk berpartisipasi aktif dalam sesi wawancara karena takut melewati batas kesopanan.


Faktanya, ada perbedaan besar antara bersikap sopan dan sopan. Bersikap sopan berarti tidak berhenti berbicara ketika berbicara, dan bersikap asertif berarti hanya berbicara ketika diminta.


Anda harus dapat berpartisipasi secara efektif dalam wawancara. Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara Anda dan pewawancara.


Anda harus ingat bahwa wawancara sama seperti percakapan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.